Minggu, 09 Februari 2020

Gangguan Perilaku ODD

ODD (Oppositional Defiant Disorder)

Sebagian besar orang tua ataupun guru jika melihat anak atau peserta didiknya mudah tersinggung, suka membantah atau menentang, serta pendendam menganggap hal itu biasa saja. Kita hanya menyebut mereka sebagai anak nakal atau anak yang tidak tahu aturan. Namun, bagaimana hal itu terjadi kepada anak atau peserta didik yang berprestasi? Kalaupun dia tidak berprestasi lantas mereka bisa kita hakimi sebagai anak nakal?

Ada yang perlu diketahui oleh orang tua dan guru, bahwasanya ada gangguan yang menyebabkan kejadian dan perilaku tadi muncul. Perilaku tersebut merupakan gejalanya saja, memberitahukan kepada kita para orang tua dan guru untuk segera menanganinya sehingga tidak berlarut. Gangguan tersebut dinamakan ODD (Oppositional Defiant Disorder).

Penyebab pasti ODD belum diketahui. Namun, dari kasus yang sedang saya observasi, asesmem, dan tangani sekarang ini, penyebab anak ini ODD adalah:a

NB: Seorang anak berusia 16 tahun, berprestasi di sekolahnya, namun akhirnya keluar dari sekolah karena alasan yang tidak jelas.

  • Faktor Psikologis

Biasanya keluarga yang tidak harmonis yang akan memberikan dampak buruk kepada anak. Namun, dari kasus ini anak tersebut berasal dari keluarga yang sangat harmonis. Hanya saja si anak yang merupakan anak bungsu terlalu dimanja dan diikuti semua kemauannya oleh kedua orang tuanya semenjak kecil.

  • Faktor Sosial

Faktor ini meliputi penolakan dari teman sebaya dan terjadinya pembullyan terhadap anak karena fisiknya (body shaming).

Gejala ODD yang terlihat dari kasus ini:

  • Suasana hati mudah marah atau tersinggung, meliputi:
  1. Mudah kehilangan kesadaran
  2. Terlalu sensitif atau mudah merasa terganggu
  3. Mudah kesal dan marah
  • Perilaku menentang atau membantah, meliputi:
  1. Sering berdebat dengan orang tua dan kakak
  2. Sering menentang atau menolak untuk mematuhi permintaan dan perintah
  3. Sering menyalahkan orang lain atas kesalahan sendiri

Karena kasus ODd yang sedang saya hadapi sekarang adalah anak berusia 16 tahun, gejala ODD tidak setiap hari muncul, tetapi saat muncul sangat mengganggu, apalagi sudah mengganggu aktivitas sekolah dan pertemanan.

Mari lebih peduli dengan sekeliling kita! Beda gangguan, beda perlakuan dan terapi.

#yujaza #pencintalangit #ODD #gangguangperilaku

Tidak ada komentar:

Posting Komentar